Selasa, 12 Februari 2013

Pemeriksaan Speed sensor pada opel blazer


Gejala-gejala yang ditimbulkan akibat kegagalan Speed Sensor, yaitu:
Ketika mobil sedang melaju dengan kecepatan tertentu, ketika Anda melakukan perpindahan gigi dari 3 ke 4 atau 4 ke 5 mesin tiba-tiba mati. 
Kemudian ketika mobil dihentikan, lalu di start kembali, indikasi mesin semuanya normal, idle/Langsam juga normal. Namun ketika mobil dijalankan, maka pada saat perpindahan gigi, mesin kembali mati mendadak.
Ketika Mobil melaju, jarum penunjuk kecepatan (Speedometer) naik-turun tidak jelas atau mati-hidup.
Jika Anda mengalami permasalahan seperti diatas, itu berarti terjadi indikasi tidak normal pada Speed Sensor, maka tidak usah panik. Solusinya sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Gambar 1. Rangkaian Speed sensor
Gambar 2. Speed sensor magnetik

Gambar 3. Posisi Speed Sensor pada Opel Blazer DOHC 96'

  
Langkah Kerja Pertama (Membongkar) :
Dongkrak Roda Belakang Mobil (jangan Roda Depan) hal ini untuk mencegah Oil Transmisi tumbah ketika Anda mencabut Speed Sensor.
Posisi Speed Sensor berada pada Ujung paling belakang Transmisi disebelah kiri (dibawah Jok Penumpang), terikat dengan Baut 13 mm (Lihat gambar diatas).
 Pertama lepaskan kabel konektor ke Speed Sensor dengan hati-hati.
Perhatikan apakah ada Oil yang keluar dari lubang Kabel Konektor, bila "IYA" berarti Body Speed Sensor retak/pecah. Indikasi harus ganti baru :0, jika "TDK" berarti Aman.
Kemudian lepaskan Baut 13 mm Pengikat Speed Sensor.
Pegang Speed Sensor, lalu putar kiri-kanan sambil menarik, hingga Speed Sensor terlepas keluar.
Periksa O-Ring pada batang Speed Sensor, apabila karet O-Ring tersebut sudah mengeras, sebaiknya diganti dengan O-Ring yang baru, untuk mencegah kebocoran Oil, nanti setelah dirakit kembali.
Bersihkan Speed Sensor dengan menggunakan Bensin sehingga bersih dari kotoran Oil yang melekat.
Semprot dengan Angin Bertekanan atau Contact Cleaner untuk membersihkan permukaan Sensor. Pastikan tidak ada sedikitpun debu/serbuk besi yang melekat pada Sensor.


Gambar 4. Sensor bersifat Magnetic sehingga mengikat Debu Logam
Langkah Kerja Kedua (Pemasangan) :
Speed Sensor yang telah dibersihkan jangan diletakkan ditanah atau area kotor yang mengandung debu logam yang dapat terikat oleh magnet.
Masukkan O-Ring yang baru pada batang Speed Sensor, berikan sedikit Auto Seller bila diperlukan.
Masukkan Speed Sensor pada Transmisi, sambil memutar perlahan dan ditekan.
Ikat kembali Baut 13 mm untuk pemasangan sempurna.
Siap melakukan Test Drive... 

10 komentar:

  1. Gambar yg paling atas itu wheel speed sensor, (attached to spindle housing) yang dimaksud disini adalah vss atau vehicle speed sensor..

    BalasHapus
  2. bisa ga speed sensor di tes pake multitester? kalo bisa gimana & brapa ukuran normalnya?

    BalasHapus
  3. bisa ga speed sensor di tes pake multitester? kalo bisa gimana & brapa ukuran normalnya?

    BalasHapus
  4. Langkah mantap..thank u for ulasannya

    BalasHapus
  5. Om punya saya speed sensornya sudah ganti baru, tapi jarum kecepatan masih tidak berfungsi.kira kira apa nya yg mesti saya ganti/ perbaiki. Trima kasih

    BalasHapus
  6. Om punya saya speed sensornya sudah ganti baru, tapi jarum kecepatan masih tidak berfungsi.kira kira apa nya yg mesti saya ganti/ perbaiki. Trima kasih

    BalasHapus
  7. Kalau jarum indikatornnya mentok kekanan apa yang harus di cek

    BalasHapus