Selasa, 12 Februari 2013

Perawatan dan perbaikan Extra fan opel Blazer



Pada radiator beberapa jenis mobil menggunakan kipas pendingin (Fan) dengan penggerak motor listrik. Lambat laun, seiring pemakaian, umumnya setelah 5 tahun (dari mobil baru), maka motor fan sudah mulai memperlihatkan kinerja yang kurang baik. Khusus pada bagian motor, kemungkinan besar penyebabnya ada dua, yaitu Carbon Brush Aus dan Spool lemah (sangat jarang terjadi).
Untuk Spool yang sudah lemah, maka Spool harus digulung kembali, atau Anda dapat menggantikan motor fan yang baru produk original agar terjamin kwalitasnya. Ok, kita tidak membahas ini disini, karena ini merupakan bagian Replacement Part.

Langkah-langkah mengganti carbon brush fan radiator Opel Blazer.
1. Persiapkan Carbon Brush tipe kabel dari samping seperti pada gambar dibawah ini, misalnya merek FCC MATSUSAKA TRIS Inc. Osaka Japan No: JNDX - 34 NA (Cocok untuk Fan Blazer, Harga Rp. 5000 (lima ribu rupiah) @ sepasang).


2. Bongkar Fan Radiator mobil blazer Anda, sangat mudah, pertama lepaskan bagian intake (saluran isap) ke saringan hawa yang menghalangi Fan. Kemudian lepaskan baut-baut pengikat Fan (@ 4 buah baut ukuran 10 mm).
3. Lepaskan turbin/sudu-sudu fan/kipas, terdapat sebuah mur ulir searah jarum jam (kebalikan dari ulir mur pada umumnya) dengan ukuran mur 13 mm yang mengikat pada center sudu kipas.

4. Kemudian lepaskan motor dari dudukan motor, terdapat 3 buah baut ukuran 8 mm yang mengikat motor listrik tersebut pada rumah fan/kipas, sehingga Fan sudah terlihat seperti pada gambar dibawah. Terdapat sebuah rotor yang berfungsi sebagai sambungan ke sudu kipas, komponen ini tidak perlu dilepas. (Sudah saya coba di press dgn hidrolik pun tidak mau lepas, malah dapat merusak rumah motor, jadi biarkan saja













5. Lepaskan konektor Fan, terdapat kaki konektor massa (-) yang terhubung ke rumah motor, dengan sambungan las tik, jadi hati2x ketika dilepas, jangan sampai patah dipangkal, repot nanti ^_^. usahakan terlihat seperti pada gambar.
6. Kemudian perhatikan clamp/penjepit komponen tempat duduknya carbon brush dan per penekan carbon brush. Buka clamp ini dengan hati2x, dapat menggunakan obeng - atau apapun alat bantu yang lain. Untuk mobil lama, seperti punya saya ^_^ komponen ini sudah sangat rapuh, jadi harus dilepas dengan hati2x, tapi akhirnya retak juga sedikit plastiknya. jika demikian, atasi dengan lem besi (Dexton) atau Alteco.



7. Setelah kedua clamp/penjepit tadi dibuka/angkat, maka komponen rumah dudukan carbon brush sudah dapat digerak-gerakkan. Pertama lepaskan per penekan carbon brush (perhatikan ya, jangan sampai g bisa pasang lagi nanti ^_^, tapi mudah kok, he2x). Kemudian putar komponen rumah dudukan carbon brush hingga menghadap ke posisi dudukan konektor fan (pada langkah 5), lalu keluarkan carbon brush yang lama (sudah aus). Ulangi langkah tadi, untuk mengeluarkan carbon brush yang satu lagi.


8. Ukur terlebih dahulu Carbon Brush yang telah Anda siapkan (langkah 1), jika ukurannya tidak standar (sedikit lebih besar), maka carbon brush tadi dapat di gerinda sedikit, hati2x dalam menggrinda karena material carbon brush cukup lunak, jangan sampai kekecilan ^_^. Kemudian masukkan carbon brush yang baru dan pernya, langkahnya adalah kebalikan dari langkah waktu dikeluarkan tadi ;). Setelah kedua carbon brush selesai dimasukkan, maka clamp/jepit kembali komponen dudukan carbon brush ke rumah motor (kebalikan langkah 6).
9. Selanjutnya adalah menghubungkan konektor ke carbon brush. Pada langkah ini saya sangat menyarankan. Jangan hanya di solder saja, akan tetapi, pertama bersihkan ujung konektor (tempat solder kabel carbon brush), gunakan kikir, bersihkan hingga kotoran bekas timah yang lama bersih, sehingga terlihat warna kuning keemasan (tembaga). Hal ini supaya suplay power ke motor terhubung dengan baik sehingga power bagus dan kerja motor dapat optimal.


10. Setelah ujung konektor bersih, buat sedikit lengkungan dengan tang, untuk memasukkan kabel carbon brush. Rakit komponen konektor tersebut kembali ke rumah motor, lalu letakkan ujung kabel carbon brush pada ujung konektor, jepit dengan tang, sehingga ujung kabel terjepit dengan kuat pada ujung konektor, lalu tambahkan solderan timah untuk menguatkan. Jangan lupa solder keneksi massa (-)
11. Langkah selanjutnya adalah rakit kembali rumah motor, berikan sedikit pelumas, yaitu berikan gemuk untuk bushing belakang dan berikan sedikit oli gardan (diteteskan saja) pada bushing depan.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar