Selasa, 12 Februari 2013

Prosedur penggantian water pump Opel blazer

1. Buka komponen langkah isap engine, lalu Pulley Drive Belt & Roller Pulley.
2. Buka tutup/cover timing belt, perhatikan roda pulley paling bawah, bagian ini cukup hanya dilepaskan baut kecil empat buah yang mengikat roda pulley tersebut ke poros utama. JANGAN melepaskan baut besar yang berada ditengah-tengah roda pulley karena baut tersebut hanya sebagai pengaturan poros engkol (cruck ass) jadi g perlu dilepas.

3. Atur posisi timing belt (roda gigi timing belt), tanda panah roda gigi ke tanda panah pada mesin (diatas roda gigi). Bagi pemula, berikan tanda garis dengan menggunakan cat putih (tipe X, dsb) untuk meyakinkan posisi tersebut bila nanti bergeser.

4. Siapkan suku cadang pengganti (Water Pump yang baru).

5. Siapkan Sealer berkualitas, seperti sealer untuk engine, bak oli, dsb.

6. Buka Tensioner Timing Belt, Roller Timing Belt, Timing Belt, Braket Roller Timing Belt dan Cover Plate. (semua komponen yang mehalangi untuk membuka water pump).

7.Lepaskan tiga buat baut "L" yang mengikat Water Pump ke Mesin.

8. Tarik/lepaskan Water Pump, tarik pelan-pelan biarkan air Radiator tumpah ke bawah.

9. Bersihkan area dudukan Water Pump dari kerak atau karat. Bersihkan juga bagian-bagian mesin diarea tersebut yang agak kotor dengan mengunakan solar (supaya tidak merusak karet), lalu cuci dengan sabun dan siram air supaya bersih.

10. Oleskan Auto Seller pada celah masuk karet Seal pada Water Pump yang baru, lalu masukkan Seal. Selanjutnya Water Pump siap dirakit pada dudukannya Mesin.

11. Rakit semua komponen-komponen diatas hingga selesai.


Catatan:
1. Pastikan Mekanik Anda yang merakit dan menyetel Timing Belt benar-benar mengerti dan ahli dalam melakukan hal tersebut.
2. Atur Setting Tensioner Timing Belt dengan benar. Putar sekali, lalu posisikan jarum/tanda panah berada pada coakan/celah yang terdapat dikomponen Tensioner tersebut.
3. Lakukan pengujian pemasangan timing belt, putar dengan menggunakan kunci pada baut besar di poros bawah/engkol sebanyak dua kali, jika putaran lancar tidak tertahan, berarti pemasangan tidak ada masalah. Semoga Artikel ini dapat berguna buat kita semua. Mohon maaf atas banyak kekurangan, semoga rekan-rekan dapat menambahkan untuk kesempurnaan.

2 komentar:

  1. Minta tolong om2 mas2 dan pakdhe2 blazer owner sekalian,klo ada yg tahu cara buka sensor pada oil meter tolong di share ya sekalian cara buka oil pump nya,makasih

    BalasHapus
  2. mohon bantuan nya agan'' opel blazer saya bensin nya keluar dari pipa injeksi yg depan.. sudah saya ganti oringnya, tapi masih keluar bensin nya.. mohon bantuannya apa yg harus saya lakukan abang''

    BalasHapus